FUNGSI KATA BENDA (NOUN)

Hello sobat ambyar, masih ketemu lagi dengan mimin dalam episode kata benda. So, pada kesempatan kali ini langsung saja disini mimin mau ngebahas soal FUNGSI KATA BENDA. Hhmm anyway, busway, kolongwewey, kata benda seperti yang sudah dibahas pada eipose sebelumnya ternyata memiliki fungsi loh sobat ambyar ku. Fungsi tersebut merupakan fungsi yang berada dalam suatu kalimat. Jadi kalo sobat ambyar sudah tahu bentuk kalimat di bahasa indonesia kita menganal ada stucture S-P-O-K tapi bukan ini yang bakalan kita bahas. Melainkan structure kalimat yang terdapat dalam bahasa inggris, kita mengenalnya dengan SUBJECT-VERB-OBJECT. Yaah bisalah kita singkat jadi S-V-O. So, sobat ambyar dalam kasus ini mimin ingin menjelaskan bahwa KATA BENDA memiliki fungsi atau peran dalam kalimat dan perannya itu macam-macam. Ada yang menjadi protagonis, antagonis. Eeh itu kan materi bahasa indonesia markonah, bukan itu. hiks hiks. Mari kita bahas atu-atu peran sebuah KATA BENDA dalam mendirikan kalimat.

A. KATA BENDA SEBAGAI SUBJECT NYA KATA KERJA

Noun atau kata benda bisa menduduki subject atau pelaku dalam kalimat dan tentu saja sebagai subject kata benda tersebut akan ada di awal kalimat. Tapi perlu sobat ambyar ketahui. Bahasa inggris dan bahasa indonesia itu jelas sekali berbeda dan mimin tidak akan membahas bagaimana perbedaan bentuk dalam bahasa indonesianya karena tentu akan rumittt syekali ye khan. So perbedaanya kalau di bahasa inggris, tiap kali kita akan menggunakan KATA BENDA sebagai subject dalam kalimat. Si subject tersebut akan mempengaruhi KATA KERJA yang akan kita pakai berikutnya. Sobat ambyar ngerti khann? Apa udah mulai pusing?????

Karena itulah penting sekali nantinya bagi sobat ambyar untuk mengetahui KATA BENDA singular dan KATA BENDA plural dan seklaigus bentuk KATA KERJA singular dan KATA KERJA plural. Karena dengan begitu sobat ambyar bisa menentukan penggunaanya secara sesuai. Langsung saja ke contoh di bawah ini: 

1. The boy           is          playing 

(noun)              (verb) 

2. The boys are playing

Ayok coba sobat ambyar perhatikan contoh di atas. Contoh yang pertama itulah yang saya maksud sebagai KATA BENDA singular bertemu dengan KATA KERJA singular. The boy selaku KATA BENDA juga terdiri dari sngular noun atau kata benda tunggal dan is sebagai KATA KERJA nya.

Sedangkan untuk contoh ke dua. Contoh kedua itulah yang saya maksud dengan KATA BENDA plural bertemu dengan KATA KERJA plural. The boys selaku KATA BENDA nya sedangkan are adalah KATA KERJANYA.

Dari sini sobat ambyar pasti paham apa itu singular dan plural. Apa jangan-jangan kagak tahu. Hiks hiks jadi singural itu tunggal sedangkan plural itu banyal.

Sekarang adalah tinggal bagaimana sobat ambyar mengetahui atau mengubah KATA BENDA singular ke plural. Kalau mimin sih tinggal menambahkan s/es saja diakhir kata kebandanya. Contoh girl-girls. Udah begitu saja kok.

Nah untuk contoh ini bisa dipahami yah sobat ambyar. Mari kita bahas berikutnya.

B. PELENGKAP OBJEK

Pelengkap object maksudnya adalah. Object dalam sebuah kalimat memiliki gandengan. Contoh:

The country                 elected             Indonesian president

(noun subject)              (verb)               (noun object)

Dalam contoh di atas objectnya adalah indonesian president. Terdapat dua kata kan sobat ambyar? Kata president tersebutlah yang dianggap pelengkap bagi kata indonesian.

C. KATA BENDA DALAM APPOSITIVE

KATA BENDA kedua setelah KATA BENDA pertama. Maksudnya adalah kata benda ke dua di sini bentuknya seperti identifikasi ulang mengenai si kata benda yang sudah disebutkan saat pertama kali. Contohnya begini sobat ambyar.

Mr. Jey,                       my uncle,                                            is         very smart.

(noun subject 1)          (noun subject 2 appositive)                (verb)

Di sini marilah kita perhatikan sobat ambyarku. Bahwasanya kata my uncle merupakan noun subject kedua yang berfungsi menjelaskan noun subject pertama. Kita bisa tarik kesimpulan bahwa noun sebagai subject bisa terdapat dua noun di sana namun yang kedua adalah bentuk pemberian informasi saja.  

oke sobat ambyar demikian tadi fungsi noun yang mimin bahas. sebenarnya ada lagi fungsi lainnya yang penting untuk dibahas namun mimin takut jikalau sobat ambyar muntah muntah menerima materi ini. untuk itu kita pelajari sedikit demi sedikit asal gak masuk telinga kanan keluar telinga kiri. 


source : Modern English

Writer : Khoti Isnaeni

Posting Komentar untuk " FUNGSI KATA BENDA (NOUN) "

Berlangganan via Email