CIRI-CIRI NOUN DILIHAT DARI KATA IMBUHAN BELAKANG

Ciri-ciri Noun Dilihat dari Kata Imbuhan Belakang 

Banyak diantara temen-teman yang mungkin pertama belajar bahasa inggris dan keluhan mereka adalah mereka belum paham nih soal membeda-bedakan kelas kata. Sama kayak aku waktu pertama kali nyemplung sebagai mahasiswi pendidikan bahasa inggris. Aku udah berusaha mempelajari grammar, tenses tapi kesimpulan yang terjadi adalah aku sama sekali belum mengerti mana kategori kata benda, kategori kata sifat, kategori kata kerja dll. Untuk itu aku cukup exited banget pas tahu pelajaran soal derivational forms of nouns cosist of the following suffixes atau gampangnya kata benda yang bisa dilihat ciri-cirinya dari imbuhan belakang kata. Untuk itu supaya paham lebih dalam lagi soal bentuk noun. Yuk kita kaji atu-atu ciri-cirinya berikut ini. 

a. Imbuhan belakang yang mengubah VERB menjadi NOUN

Buat temen-temen yang belum tahu, ini penjelesan singkat dariku lagi. Jadi kata benda itu ternyata sumbernya bisa dari verb loh. Verb atau kata kerja yang kita pakai itu bisa berubah kelas kata nya menjadi noun dengan imbuhan belakang. Yuk deh kita coba cek atu-atu. 

  • Marry (verb-menikahi)  = mamarriage (suffix –age) (Noun-pernikahan)
  • Arrive (verb)  = arrival (suffix –al) (Noun)
  • Arrage (verb)  = arragement (suffix –ment) (Noun)
  • Inform (verb)  = information (suffix –tion) (Noun)
  • Manage (verb)  = manager (suffix –er) (Noun)
  • Dance (verb)  = dancing (suffix –ing) (Noun)
  • Clean (verb)  = cleaning (suffix –ing) (Noun)

Dari contoh di atas, pasti kalian bisa melihat sendiri bagaiaman sebuah verb bisa berubah menjadi noun. Ada banyak variasi imbuhan kata belakang di sana. Dari age, al, ment dll. Semua ini lalu terbentuk dan menjadikan kelas kata baru dengan arti yang juga baru. 

Dulu aku pernah sekedar bertanya di dalam hati kenapa ada kata teach yang artinya mengajar lalu juga ada kata teacher yang artinya guru. Rupanya penambahan –er lah yang membuat kelas kata dan juga meanignya menjadi berbeda. Namun asal usul katanya tetaplah sama. Hhmmm. 

Dari sini sebenernya aku mau ambil kesimpulan, kalo sebenernya bahasa inggris itu gak susah. Bahasa inggris itu hanya satu kata yang bisa diubah-ubah bentuknya tinggal mau dikasih imbuhan di depan atau di belakang, lalu mereka akan merubah arti kata itu sendiri namun kesimpulan nya kata tersebut sumbernya tetap sama. So, kita hanya perlu tahu bagaiaman cara mengubah kata tersebut untuk menghasilkan arti yang kita inginkan. Cailah. Gimana? Seru juga yah pembahasan yang satu ini. 

b. Imbuhan kata belakang yang mebubah ADJECTIVE ke NOUN  

Oke students, dalam pembahasan kali ini, kita memainkan kelas kata adjective atau kata sifat yang lalu ditambahi akhiran sehingga perubahan tersebut menghasilkan makna baru dan juga kelas kata baru yakni noun. Nah contoh kata ini juga pasti sering kita tatkala kita belajar bahasa inggris, hanya saja kita tuh kayak gak peka gitu dengan perubahan yang ada atau bahkan kepekaan itu menambah kebingungan kita sama pelajaran bahasa inggris? Hmmm kalo itu sih aku banget saat masa-masa SMA dulu. Yah gimana gak bingung orang kasus kita ini belajar grammar tapi gak belajar apa itu kelas kata. Yah khaannn? Ngaku deh kalo iya. Nah yuk kita intip atu-atu perubahan kelas katanya.

  • happy (adjective-Bahagia) = happyness (suffix –ness) (Noun-Kebahagiaan)
  • active (adjective) = activity (suffix –ty) (Noun)
  • strong (adjective) = strength (suffix –th)  (Noun)
  • rich (adjective) = Richer (suffix-er) (Noun)

Demikian contoh yang daku beritahukan, dari sini kita bisa tahu yah dear perubahannya dan artinya juga. Untuk itu besok-besok kita jangan bingung kalau-kalau kita nemuin kata sipat yang mengalami imbuhan dibagian akhir. Karena eh karena, biasanya kata tersebut akan berarti baik arti dan kelas katanya. Duuh pusing gak tuh kamu kemasukan teori ini? harusnya gak yah karena ini baru sebagian kecil saja dari bahasa inggris yang perlu kamu ketahui.

c. Imbuhan kata belakang yang mengubah kata kerja VERB ke kata benda NOUN

sekarang kita beralih pada perubahan berikutnya, yakni antara kata kerja yang berubah menjadi kata benda. Tapi kok, eitts tunggu dulu, ini sama dengan pembahasan yang pertama yaks. aduhh jadi bingung aing. tapi coba deh kita lihat bedanya di bawah yah. Tapi sebelumnya sobat ambyar tahu gak yah kata kerja itu apa? Hik hiks hiks. Insya Allah udah pada tahu yah. Jadi kalau udah tahu kita langsung bahas nih biar ceveet paham. Langsung kuy ke contoh di bawah ini.

swim (Verb) = Swimming (Noun)

Speak (Verb) = Speaking  (Noun)

Call (Verb) = Calling (Noun)

Talk (Verb) = Talking (Noun)

Seperti yang sudah bisa lihat ye khan, di situ kata kerjanya mendapat imbuhan ing di akhir kata beda ama yang dibahas pertama tadi tuh. Nah perubahan yang terjadi ini meski sedikit tapi sudah mengubah kelas kata juga loh. Semua kata kerja yang berimbuhan (ING) di akhir pada akhirnya menjadi NOUN. So kalau students menggunakan noun jenis ini dalam percakapan tentu tidak selalu sedang melakukan pekerjaan seperti asal katanya yah. misalnya mentang-mentang sobat ambyar bilang I LIKE SLEEPING bukan berarti sobat ambyar lagi sleeping yaks. wkwkwk coba lihat dulu misalnya nih ada bule nanyak ke gue:

Bule : what’s your hobby? (apakah hobi lo?)

Gueee : my hobby is swimming (hobi gue renang)

Nah kata renang itu karena berakhiran ing jadi bukanlah termasuk kata kerja yah dear tapi kata benda. Sampai di sini kira-kira paham yaksss. Pasti paham dong. Kalau gitu eike mau ambil kesimpulan nih. Jadi, kelas kata atau part of speech ini bisa berubah, itu yang pertama. Yang kedua, karena kelas katanya berubah maka artinya pun akan berubah. So karena artinya berubah jadi kita gak bisa gunakan kata tersebut di berbagai kasus. Misalnya kamu mau nanyak gini.

Lu : do you activity ? (apakah kamu aktivitas ?)

Terus lo yang paham bahasa inggris gak mungkin dong jawab : yes, I do. Karena eh karena dalam kasus ini seharusnya bukan kata activity yang kamu gunakan untuk bertanya melainkan kata active. Kenapa kok bisa begitu markonah? Untuk kasus seperti ini akan kita bahas di materi berikutnya. Simak terus sobat ambyar ku.

 

Source : Modern English

Writer : Khoti Isnaeni

Posting Komentar untuk " CIRI-CIRI NOUN DILIHAT DARI KATA IMBUHAN BELAKANG "

Berlangganan via Email