Pengertian dan Jenis Noun (Kata Benda) dalam Bahasa Inggris

Halo sobat Sarana Sinau, dalam bahasa Inggris kita tentu banyak mengenal kata-kata. Baik kata benda, kata kerja maupun kata sifat. Apa sih bedanya? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membantu kamu nih. Untuk menjelaskan pengertian dan jenis noun (kata benda) dalam bahasa inggris. Loh kok cuma kata benda ? kata kerja dan kata sifat nya ? Tenang saja, disini kami akan jelaskan kata kerja dan kata sifat di artikel selanjutnya. Daripada penasaran, langsung saja penjelasannya dibawah ini.

1. APA ITU NOUN?

Di dalam bahasa inggris, kita mengenal adanya part of speech atau kelas kata. Nah kali ini kita akan membahas salah satu part of speech yang penting dan pastinya super penting banget untuk diketahui. Apakah itu? cia cia cia. Yaps bener banget nih student, jadi kita akan bahas mengenai noun.

Noun disebut juga sebagai kata benda. Yakni kata benda seperti hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, nama-nama tempat, nama-nama orang, benda-benda mati maupun benda astrak. Noun merupakah salah satu part of speech yang paling penting untuk dikuasai. its arrangement with the verb helps to form the sentence core which is essensial to every complete sentence. Artinya adalah, pengaturannya dengan kata kerja membantu membentuk inti kalimat yang penting untuk setiap kalimat lengkap. Jadi dalam sebuah kalimat, noun akan berfungsi sebagai kepala kata di dalam sebuah struktur kalimat yang dimodifikasi.

Dengan kata lain, noun bisa memposisikan diri sebagai subjek (secara wajib) tapi dia bisa memposisikan diri menjadi objek dan adverb of place dalam suatu kalimat (ini secara sunahnya). Untuk lebih jelas nya lagi, kita kupas fakta-fakta mengenai Noun di artikel berikutnya yah students.

2. JENIS JENIS NOUN

Untuk dapat memahami materi noun lebih lebih lanjut, kita perlu banget nih students untuk tahu apa saja jenis-jenis noun atau macam-macamnya. Tujuannya sih supaya kita lebih mudah saat menerapkan noun ke dalam suatu kalimat. Jadi untuk kita-kita yang masih awam dalam belajar bahasa inggris, kunci awalnya adalah mengetahui semua jenis noun nya terlebih dulu yah. Yuk ah langsung aja kita simak atu-atu.

a. Proper Noun 

Proper noun ini merupakan jenis noun yang di dalam katanya selalu diawali oleh huruf kapital dalam kepenulisan, inget hurup kapital yah student. Yang hurufnya make huruf gede kayak A,B, C dan seterusnya. Jadi apa saja sih jenis kata benda yang masuk dalam kategori proper noun? It includes :

- Nama orang (personal names)
Misalnya nih, (Miss. Khoti Isnaeni, Ria, Maryam, Rizky Billar, Mr. John Grey) dan nama nama lainnya seperti nama keluargamu, tetanggamu, nama gurumu atau bahkan nama mantanmu. Semua tentunya diawali dengan huruf kapital dungs. Yah khan? Nah inilah yang merupakan Noun atau kata benda yang disebut dengan istilah proper noun. Yakni nama orang. Gimana ? mudah banget kan untuk melacak noun yang satu ini. 

- Nama wilayah (geographic units)
Untuk noun yang satu ini mudah banget deh untuk diketahui. Intinya sih untuk semua yang berkaitan dengan nama suatu wilayah. Mereka adalah noun. Contohnya : Country atau negara (ada Indonesia, Malaysia, Amerika, Korea Selatan, Arab Saudi) dll. Semua yang berkaitan dengan nama negara. Mereka adalah noun. Terus city atau kota (ada Kalianda, Bandar Lampung, Jakarta) semua untuk nama-nama kota, mereka merupakan noun. Kalau ada yang bertanya, kira-kira kalau nama danau masuk ke dalam kategori noun gak yah? Kan danau juga masuk ke nama wilayah, eh tapi yah gak sih? Nah buat yang bingung, nama danau juga termasuk yah. Contohnya danau Toba dan danau danau lainnya. Mereka semua juga noun. Kenapa? karena kenaaman wilayah pasti akan diawali dengan huruf kapital juga. Intinya sih, nama wilayah adalan noun. Mudah dan gampang kan?

- Nama kewarganegaraan dan agama (names of nasionalities and religions)
Kalau yang satu ini, udah ah gak usah bingung-bingung lagi. Kewarganegaraan contohnya yah Indonesian, Korean, sementara untuk nama agama contohnya Christianity, Islam, etc. Mereka juga selalu diawali oleh huruf kapital yah students.

- Nama liburan (names of holiday)
Kita pasti punya penyebutan untuk nama-nama liburan yah. Contohnya : Idul Fitri day, Thansk giving day, Valentine day dll. Nama-nama liburan ini juga selalu diawali huruf kapital gak boleh enggak. Jadi mereka disebut noun.

- Nama untuk semua waktu (name of time units)
Contohnya adalah semua nama hari : Sunday, Monday etc. Lalu contohnya lagi nama bulan : January, Juli etc. Semua diawali huruf kapital.

Nah inilah pembahasan mengenai salah satu jenis noun yang wajib kita ketahui yaitu proper noun. Kalau kita sudah tahu ini, wah Insya Allah bakal lebih mudah menyusun struture kalimat bahasa inggris nantinya. Jangan lupa terus diingat dan dipelajari yah. Next : kita akan lanjutkan untuk jenis noun lainnya.

b. Konkret dan Abstrak Noun 

Konkret noun merupakan suatu kata yang mana kita sendiri dapat mengetahui keberadaanya. Kita bisa melihat benda tersebut. Menyentuhnya dan mencium bau objeknya. Contoh dalam konsep ini sangat mudah. Seperti nama benda di dalam kamarmu, di dalam kelasmu, di dalam ruang tamumu dll. Contohnya: pensil, tas, sepatu, meja, vas bunga, bunga, bingkai, papan tulis, laki-laki, wanita, boneka dan masih banyak lagi. Sementara Abstrak noun itu sendiri merupakan konsep sebaliknya dari konkret noun. Benda yang termasuk abstrak noun tidak dapat dilihat, disentuh atau dicium baunya. Karena abstrak noun adalah sebuah konsep dimana it is an idea that exists in our mind only atau sesuatu yang hanya terdapat di dalam pikiran kita saja. seperti beuty, justice, mankind.

c. Countable dan Uncountable noun 

Untuk jenis yang satu ini sering diartikan sebagai kata benda yang dapat dihitung. Kata benda ini juga bisa selalu dibuat menjadi kata benda jamak dengan penambahan (s) diakhir noun. Contohnya dari girl menjadi girls. Countable noun sendiri memiliki ciri-ciri sebagai benda yang bisa dihitung dari angka 1. Kalau tadi girl masuk ke dalam kategori ini, hal itu karena girl bisa dihitung dari angka satu. Misalnya one girl, two girls, three girls. Dengan kata lain countable noun memiliki noun tunggal dan noun plural.

Nah, sekarang coba kita bahas yah dear yang uncountable nya. Kira-kira dah pada paham belum nih soal uncountable noun? Cara gampang memahami uncountable noun adalah bahwa uncountable noun memiliki pengertian sebalaiknya dari countable noun. Uncountable noun tidak memiliki bentuk jamak (plural) dan juga tidak bisa dihitung dari angka satu. Hal ini dikarenakan uncountable noun adalah objek konkret yang tidak dapat dibagi jumlahnya. Contohnya adalah coffe, milk, tea, oil etc. Dari contoh ini, kita tidak dapat menyebutkan one coffe, two coffe, atau one milk, two milk, tidak bisa dan tidak akan pernah bisa pokoknya. Kalau kamu ingin mengungkapkan jumlah atau kadar kata benda uncountable ini, kemungkinan kamu bisa bilang much coffe or a lot of coffe atau kalo kata benda lain seperti sugar, salt, kata benda ini menggunakan ungkapan kg. Jadi misal one kilogram sugar. Tapi mereka tetep bukan kategori kata benda jamak yah. Hehehe Jadi dari sini kita paham yah bahwa kata benda countable yang bisa dihitung dari angka satu sementara uncountable itu gak bisa.

d. Collective Noun 

Collective noun adalah kata benda untuk menyebutkan sekumpulan orang, hewan atau objek yang menjadi satu membentuk geng atau komunitas. Contoh sederhananya begini dear, orang yang berkumpul menonton stand up comedy misalnya, ia disebutnya sebagai audience. Orang yang berkumpul di dalam satu rumah maka dinamai family. Nah penyebutan audience dan family inilah yang disebut sebagai collective noun.

Contoh lainnya lagi : enemy, faculty, goverment, nation, team, boy band, girl band, crew, class. Etc. 

oke mungkin segitu dulu belajar kita di artikel Bahasa Inggris kali ini. masih akan ada artikel berikutnya yah. semanagat belajar untuk kita semua. 



source : Modern English
Writer : Khoti Isnaeni

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Jenis Noun (Kata Benda) dalam Bahasa Inggris "

Berlangganan via Email